Search

Wabah Eco Tuning

Virus ini berjangkit di Jepang dalam 3 tahun terakhir, dan siap mengglobal dunia seiring makin populernya mobil hybrid di seluruh dunia

Ada yang berbeda di Tokyo Auto Salon 2010. Di pameran tahunan khusus modifikasi ini Tommy Kaira memperkenal-kan produknya yang diberi label "Eco Sport Edition".

Ini adalah lini modifikasi yang dibuat khusus untuk 2 mobil hybrid yang sedang populer di Jepang: Toyota Prius (ZVW30) dan Honda Insight (ZE2). Paket dandanan ini meliputi eksterior, interior, suspensi, dan pelek dengan image sport khas Tommy Kaira.

Munculnya "Eco Sport Edition" merupakan konsekuensi logis terus meningkatnya penjualan mobil hybrid di Jepang. Dan rumah modifikasi yang berbasis di Kyoto ini tidak sendirian dalam membuat modifikasi semacam ini.

Tuner mobil mewah ASI (Accuracy Spirit Imagination) juga mengeluarkan sub-brand "ASI Green", produk khusus untuk mempercantik mobil hybrid pada Oktober 2009. Saat ini ASI Green masih berkonsentrasi pada body kit, lowering kit, modifikasi interior, dan upgrade ECU untuk Toyota Prius.

Selain itu masih ada beberapa rumah modifikasi yang menyiapkan kosmetik untuk mobil hybrid. Seperti Ken Style yang sudah memasarkan tuning kit untuk Prius dan Insight melalui situs web resminya. Sementara Wald baru mengembangkan paket dandanan untuk Prius. Bahkan spesialis upgrade mesin seperti Greddy dan Tops Secret juga sedang melakukan riset terhadap mobil-mobil hybrid.

Contoh-contoh itu belum termasuk in-home tuner seperti Mugen (Honda) dan Modellista (Toyota). Mugen sudah menyiapkan body kit, lowering kit, oil filter, dan sports muffler untuk Honda Insight. Sementara Modellista menawarkan 3 pilihan paket dandanan khusus Toyota Prius: Version 1, Version 2, dan Aero Tourer Kit.

BAKAL MENDUNIA
Kreasi para tuner Jepang itu merupakan bagian dari wabah Eco Tuning. Yaitu aliran modifikasi khusus untuk meningkatkan performa dan penampilan mobil hybrid yang'tumbuh pesat di Jepang dalam 3 tahun terakhir.

Ketika Toyota mencatat penjualan 1 juta unit mobil hybrid di seluruh dunia pada 2007, 32% di antaranya laku di negeri Sakura. Dan dari 1.047.000 unit mobil hybrid yang laku sejak 1997, sekitar 757.600 unit di antaranya adalah Toyota Prius.

Gerakan Eco Tuning ini diyakini tak akan berhenti di Jepang saja. Hanya masalah waktu saja sebelum para tuner Eropa juga menyiapkan paket modifikasi untuk mobil hybrid. Apalagi pabrikan-pabrikan besar Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz, Volkswagen, dan Porsche semakin banyak meluncurkan model-model bermesin ganda (gabungan motor bakar dan motor elektrik).

AMG bisa menjadi con-toh. In-house tuner Mercedes-Benz ini sudah berancang-ancang membuat program modifikasi untuk model-model hybrid berlambang bintang tiga sudut ini. "AMG selalu berkaitan dengan torsi dan motor elektrik mampu menghasilkan torsi sejak awal," cerocos petinggi AMG, Volker Mornhinweg.

Bersiaplah menyambut tren Eco Tuning di Tanah Air.

Modifikasi ramah lingkungan
Selain berupa paket-paket modifikasi bodi, ada juga tuner yang mendefinisikan Eco Tuning sebagai gerakan modifikasi ramah lingkungan. Aliran ini bertujuan mengoptimalkan konsumsi bbm tanpa mengorbankan performa mobil.

Untuk mencapainya lazim dilakukan langkah pemrograman ulang (remapping) komputer (ECU) mobil.

Contohnya adalah paket Eco Tuning yang dari All Car Tuning. Spesialis modifikasi software ECU asal Jerman ini menawarkan paket Eco Tuning yang taisa menghemat konsumsi bbm hingga 15-20%.

Selain All Car Tuning masih ada tuner-tuner asal Eropa, Amerika Serikat, dan Australia, yang menawarkan paket se-rupa. Misalnya Eco Tune, Diesel Eco Tuning, Rapid Remap, dan Evolve Technik.

Hybrid wheels
Produsen pelek pun tak mau kalah menciptakan lini produk khusus mobil hybrid. Contohnya Rays ECO drive GEAR dari Rays Engineering. Line-up-nya terdiri dari Super Eco (berdiameter 15,16, dan 17 inci), 707 Eco Drive (15 dan 16 inci), RE30 Eco Drive (15-19 inci) dan CE28 Eco Drive (14-16 inci).

Semua produk ini dibuat dari forged aluminium yang punya kelebihan berupa bobot ringan. Bag! mobil hybrid, pelek yang ringan akan membantu performa akselerasi, meningkatkan kemampuan pengeremen, mengurangi betaan sistem peng-gerak, dan menghasilkan handling lebih balk.

Kelebihan-kelebihan ini akan berujung pada semakin optimalnya konsumsi bahan bakar mobil dan berkurangnya emisi gas buang - sesuai dengan tujuan hybrid.

Hybrid di dunia balap
Bukan hanya untuk penggunaan harian, teknik mendongkrak tenaga mobil hybrid juga sudah diterapkan di mobil balap.

Seperti Lexus GS 450h milik tim SARD yang diturunkan di ajang 24 Hours of Tokachi 2006. Mobil ini dimodifikasi sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimum 345 dk. Kenaikan power ini diperoleh melalui ubahan pada mesin bensin dan motor elektriknya.

Ada juga Toyota Prius "Greensport" yang dibuat untuk memecahkan rekor mobil hybrid tercepat di padang garam Bonneville, AS, pada 2004. Mobil ini sukses mencatat top speed 210,49 km/jam.
KENSTYLE'S PRIUS
Paketnya terdiri dari spoiler depan dan belakang, side skirt, hood spoiler, dan rear gate spoiler. Semuanya berbahan FRP (Fiberglass Reiforced Plastic).

J'S RACING INSIGHT INSIGHT
Meliputi body kit, pelek Rays, jok Recaro, dan sports muffler.

TOMMY KAIRA'S PRIUS
Modifikasi yang dilakukan meliputi body kit carbon fibre, 4 tail pipes aluminium, lowering kit yang mereduksi ketinggian nodi antara 30-35 mm, pelek Work GNOSIS GS519 x 8 inci (dengan offset +50 untuk depan dan +35 di belakang), serta ban Potenza S001 235/35ZR19.

MODELLISTA'S PRIUS
Modifikator internal Toyota ini mengeluarkan 3 model aero kit untuk Prius generasi ketiga. Model-model ini diberi nama Modellista Version 1, Modellista Version 2, dan Aero Tourer Kit.

Release Date : Jumat, 19 Maret 2010
Media : Autobild, at page 60-61, size 2160 mmk
Journalist : Dwi Wahyu R